Visi & Misi

Visi dan Misi

Guna mendukung tercapainya sasaran strategis yang diharapkan dalam Renstra Kementerian Luar Negeri 2015-2019, Visi Perpustakaan Ali Alatas Kemlu adalah :

“Terwujudnya Perpustakaan Modern yang berbasis Digital Local Content dalam Mendukung Kebijakan Luar Negeri yang berkualitas”.

Terwujudnya adalah sebuah target capaian yang ingin dicapai diakhir 2019

Perpustakaan Modern merupakan Perpustakaan yang memenuhi standarisasi nasional yang ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional maupun Badan Standardisasi Nasional.

Berbasis Digital adalah dimana informasi yang dikelola oleh Perpustakaan Ali Alatas, mayoritas sudah berbentuk digital yang dapat diakses melalui jaringan internet dengan mudah dimana saja.

Local Content, adalah seluruh produk baik berupa karya cetak (Laporan, Majalah, Jurnal atau Buletin), karya rekam (Wawancara) atau karya visual (Film Dokumenter) yang dihasilkan oleh seluruh satuan kerja di Kemlu dan Perwakilan RI di Luar Negeri.

Mendukung, adalah berpartisipasi atau berkontribusi mewujudkan

Kebijakan Luar Negeri  adalah sikap dan langkah pemerintah RI yang diambil dalam melakukan hubungan dengan negara lain, dunia internasional, dan subyek hukum internasional lainnya dalam rangka menghadapi masalah internasional guna mencapai tujuan nasional.

Berkualitas berarti kebijakan tersebut mempunyai mutu/taraf baik dan ditindaklanjuti oleh Pimpinan Kementerian Luar Negeri

Pernyataan Visi diatas menggambarkan komitmen yang akan diperjuangkan dan diwujudkan oleh Para Pengelola Perpustakaan Ali Alatas Kemluhingga akhir tahun 2019. Dalam konteks “Diplomasi untuk Rakyat”, maka “Seluruh Pengetahuan dan Informasi yang tersimpan khususnya mengenai perjalanan Diplomasi RI setiap saatnya, Rakyat berhak mengetahui dan mendapatkan layanan jasa informasi itu”. Perpustakaan Ali Alatas Kemlu yang akan menjadi “fasilitator” hal itu.

Misi

Dalam upaya mencapai visi tersebut, Sekretariat BPPK selaku Pembina dalam pengelolaan Perpustakaan Ali Alatas Kemlu telah menetapkan 4 (empat) Misi yang akan dilaksanakan selama kurun waktu 2015-2019 yaitu :

  1. Membangun Perpustakaan Ali Alatas Kemlu sebagai Perpustakaan Modern dengan Standar Nasional;
  2. Memperkuat Kelembagaan Perpustakaan Ali Alatas sebagai Pusat Repository Local Content Kemlu dan Perwakilan RI;
  3. Mengalihmediakan sumber-sumber informasi yang terbuka untuk Publik dalam bentuk Digital;
  4. Memanfaatkan ICT (Information Communication and Technology) dalam Pengelolaan Perpustakaan;

Tujuan dan Sasaran Strategis

Tujuan dari Misi tersebut adalah :

1.Membangun Perpustakaan Ali Alatas Kemlu sebagai Perpustakaan Modern dengan Standar Nasional;

Tujuannya :

  1. Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan Ali Alatas telah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Bidang Perpustakaan Khusus yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional tahun 2011 sehingga upaya mencapai akreditasi lebih mudah;
  2. Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan Ali Alatas telah sesuai dengan Standar yang ditetapkan Badan Standardisasi Nasional (BSN) No. SNI 7496:2009 Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah, sehingga mendekati upaya mendapatkan ISO 9001:2000.

2.Memperkuat Kelembagaan Perpustakaan Ali Alatas sebagai Pusat Repository Local Content Kemlu dan Perwakilan RI;

Tujuannya :

  1. Memperjelas posisi Kelembagaan Perpustakaan Ali Alatas di Kementerian Luar Negeri melalui Peraturan Menteri Luar Negeri RI.
  2. Menumbuhkan tenaga-tenaga fungsional Pustakawan sebagai upaya menguatkan peran Perpustakaan
  3. Menyelamatkan semua sumber “Institusional Memory” yang dikelola oleh Satuan Kerja di Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI.

3.Mengalihmediakan sumber-sumber informasi yang terbuka melalui pemanfaatan ICT (Information Communication and Technology) dalam Pengelolaan Perpustakaan;

Tujuannya :

  1. Mengupayakan semaksimal mungkin informasi-informasi publik yang dikelola oleh Kemlu dapat diakses dengan mudah oleh Publik melalui website Perpustakaan Ali Alatas dalam bentuk versi Digital.
  2. Meningkatkan daya jangkau agar seluruh informasi publik yang dikelola Perpustakaan Ali Alatas Kemlu dapat dinikmati oleh Masyarakat melalui teknologi informasi yang berkembang saat ini.